Sistem Informasi dan fasilitas yang digunakan oleh program studi untuk proses pembelajaran (hardware, software,  perpustakaan, dll.) administrasi, dan pengambilan keputusan.

Penyelenggaraan kegiatan akademik Prodi Maksi SPs-UMS sudah menggunakan sistem informasi manajemen yang berbasis teknologi informasi, yang digunakan untuk herregistrasi, pengisian kartu rencana studi, input nilai, pelayanan transkrip mahasiswa, penilaian hasil ujian oleh dosen, dan evaluasi PBM oleh mahasiswa. Semua pelayanan akademik ini dikoordinir oleh Biro Administrasi Akademik Universitas yang jaringannya bisa diakses oleh semua Fakultas/ unit dan program studi yang ada di UMS.

Untuk pelayanan administrasi keuangan UMS bekerjasama dengan Bank BUKOPIN dan Bank BPD Syariah Jateng. Pengiriman dana dari Universitas ke Program Pascasarjana UMS menggunakan jasa layanan bank tersebut. Dalam pelayanan tersebut Bank BUKOPIN memanfaatkan sistem cash management, sedangkan dengan BPD Syariah Jateng memanfaatkan sistem host to host (H2H). Melalui sistem H2H pembayaran SPP dan kewajiban keuangan mahasiswa yang lain bisa dilakukan melalui bank-bank yang ditunjuk oleh UMS yang berada di luar kota Surakarta secara online.

Untuk layanan administrasi dosen dan karyawan dipegang oleh Universitas dengan memanfaatkan sistem informasi kepegawaian. Sitem ini belum dapat diakses melalui jaringan dan masih dikerjakan  melalui komputer lokal bagian personalia UMS.

Layanan perpustakaan pusat UMS telah memasuki era digital library. Para sivitas akademika dapat mengakses database jurnal elektronik ProQuest yang dilanggan Perpustakaan UMS. Di samping itu dengan memanfaatkan sistem online, database jurnal EBSCO dan Gale Cengage yang dilanggan oleh Kemenristek Dikti juga dapat diakses langsung oleh para dosen dan mahasiswa. Jurnal elektronik yang disediakan oleh perpustakaan UMS tersebut dapat diakses melalui situs http://library.ums.ac.id/

Selain itu di perpustakaan juga telah disediakan software untuk mendukung proses pembelajaran yaitu: (a) Windows dan office (berlisensi); (b) Penulisan naskah arab; (c) holy Qur’an Program; (d) Mawsu’ah al-Tafsir; (e) Mausu’ah al-Hadis; (f) Maktabah Talib al-‘Ilmi; (g) Kutub at-tis’ah; (h) Maktab asy-syamilah; (i) Maktab al-Kubro; (j) Maktab alfiyah.

Perpustakaan Sekolah Pascasarjana UMS (Sekolah Pascasarjana UMS) juga siap membantu memberikan layanan bagi civitas akademika dalam penyediaan buku teks, referensi, CD ROM, dan jurnal (baik dalam bentuk hardcopy maupun softcopy). Sistem pelayanan di Perpustakaan Sekolah Pascasarjana UMS bersifat open acces dengan bantuan komputer. Perpustakaan Sekolah Pascasarjana UMS juga dapat diakses melalui htttp://www.pasca.lib.ums.ac.id.  Guna untuk mendukung program e-learning di Sekolah Pascasarjana UMS, kaprodi Program Studi Magister Akuntansi telah menghimbau para dosen untuk menyiapkan /meng-upload materi perkuliahan dalam personal weblog, sehingga dapat diakses oleh para mahasiswa kapan saja dan dimana saja. Di samping itu, Semua kegiatan-kegiatan Program Studi Magister Akuntansi dan informasi penting bisa dilihat melalui website Sekolah Pascasarjana UMS dan website UMS.

Sedangkan perpustakaan UMS (Pusat) menyediakan layanan untuk penelusuran informasi berbasis web. Dengan pemakaian KOHA sebagai program aplikasi perpustakaan berbasis web yang memiliki metadata berstandar internasional, kelengkapan fasilitas dan fitur yang menarik, kemudahan penggunaan, serta kemampuan berintegrasi (operability) dengan program aplikasi lainnya. Informsi yang dimiliki perpustakaan UMS dapat diakses oleh civitas akademka UMS maupun masyarakat secara umum. Informasi dapat diakses melalui http://library.ums.ac.id.

Perpustakaan UMS telah menyediakan interface yang memudahkan pemustaka dalam melakukan pencarian koleksi. Pemilihan koleksi dapat ditelusuri melalui fasilitas tambahan yang disediakan, antara lain:

  1. Katalog, digunakan untuk menelusuri koleksi buku-buku yang ada di perpustakaan, melalui Lybrary Catlog: http://search.lib.ums.ac.id.
  2. Jurnal UMS, kumpulan jurnal terbitan UMS yang dapat diunduh (download) secara langsung dan gratis, melalui http://eprints.ums.ac.id.
  3. Skripsi/tesis, berisi kumpulan koleksi karya ilmiah, meliputi skipsi dan tesis, dapat diakses melalui http://etd.eprints.ums.ac.id.
  4. E-Book
  5. Database, akses jurnal internasional dari berbagai sumber, seperti ProQuest. EBSCO, Emeral, dan GALE).
  6. Multisearch, melalui alamat URL Perpustakaan UMS http://library.ums.ac.id.