Evaluasi kinerja lulusan oleh pihak pengguna lulusan

Metode, proses, dan mekanisme kegiatan studi pelacakan tersebut dan bentuk tindak lanjut dari hasil kegiatan ini.

1.      Metode, proses, danmekanismekegiatanstudipelacakan

Prodi Maksi merupakan program studisekolahpascasarjana yang mulai beroperasi dengan menerima pendaftaran mahasiswa baru pertama kalinya pada tahun 2015, sehingga sampai sekarang baru sedikit lulusan, mengakibatkan alumni yang dihasilkan mempunyai anggota yang masih sedikit. Namun studi pelacakan alumni sudah dirancang sedemikian rupa sehingga ada wadah yang jelas bagi alumni untuk tetap berhubungan dan menjalin kerjasama dengan prodi.

Studi pelacakan (tracer study) untuk mendapatkan informasi mengenai kiprah alumni dilakukan dengan cara berikut:

a.         Prodi Maksi menghubungi alumni melalui telepon, sms, grup WA, grup BBM, grup Facebook, dan email untuk pengiriman kuisioner mengenai tracer study, menanyakan alamat terbaru, jenis pekerjaan, perkembangan karir dan gaji dari institusi tempat alumni bekerja. Jawaban kuisioner tracer study dan pertanyaan lainnya disimpan pada database Prodi Maksi UMS yang bisa dilihat di http://mak.ums.ac.id.

b.         Mengundang alumni dalam acara ’Temu Alumni’ yang diagendakan 2 (dua) tahun sekali. Melalui acara tersebut terbentuk ’Ikatan Alumni Prodi MaksiUMS yang bertujuan menjalin ukhuwah alumni dan secara berkelanjutan bertugas menggali informasi alumni yang terkait dengan pekerjaan dan perkembangan karir alumni serta menampung  masukan dan saran dari alumni untuk perkembangan program studi. Selain itu ditawarkan pula kerjasama yang dapat  dilakukan dengan program studi serta ajakan untuk aktif dalam Ikatan Alumni Prodi Maksi.

2.         TindakLanjutStudiPelacakan

Hasil dari studi pelacakan diharapkan dapat memberikan manfaat:

a.         Proses pembelajaran

Pelacakan alumni adalah cara Prodi Maksi SPs UMS untuk memperoleh masukan dalam memperbaiki kualitas proses pembelajaran baik yang terkait dengan peningkatan kualitas dosen, materi perkuliahan, metode perkuliahan serta perbaikan terhadap sistem evaluasi hasil belajar (penilaian hasil ujian mahasiswa). Diharapkan dengan perbaikan kualitas pembelajaran akan dapat meningkatkan etika dan moral, profesionalisme, berwawasan yang luas, serta meningkatkan kemampuan berbahasa asing.

b.         Penggalangan dana

Pelacakan terhadap lulusan memberi manfaat bagi lembaga untuk penggalangan dana melalui alumni baik dalam bentuk pengadaan buku, maupun sponsor kegiatan seminar dan kegiatan ilmiah lainnya.

c.         Informasi pekerjaan

Pelacakan terhadap alumni memberi kontribusi positif terhadap berbagai informasi yang terkait dengan bursa kerja. Diharapkan alumni Maksi akan memberikan informasi mengenai kebutuhan dunia kerja sehingga lulusan Magister Akuntansi nantinya dapat terserap ke dunia kerja dengan baik sesuai dengan kompetensinya.

d.        Membangun jejaring

Pelacakan terhadap lulusan membuka peluang bagi program studi untuk membangun jejaring yang lebih luas dan bermanfaat bagi pengembangan lembaga sendiri khususnya untuk meningkatkan peluang kemitraan, serta animo calon mahasiswa baru.