Upaya yang telah dilakukan program studi dalam meningkatkan kualifikasi dan kompetensi tenaga kependidikan

Upaya untuk meningkatkan kualitas tenaga kependidikan, maka Prodi Maksi UMS pada khususnya dan Sekolah Pascasarjana serta UMS pada umumnya, berupaya meningkatkan kualifikasi dan kompetensi tenaga pendidikan yang ada. Beberapa upaya yang telah dilakukan antara lain; pertama, memfasilitasi dan memberi kesempatan kepada tenaga kependidikan untuk melanjutan studi ke jenjang yang lebih tinggi (S-1 atau S-2), sesuai dengan bidang penugasan yang bersangkutan. Memfasilitasi dan memberi kesempatan untuk mengikuti kursus/pelatihan-pelatihan sesuai bidang penugasan yang bersangkutan; kedua, Menyelenggarakan pengajian setiap satu bulan sekali di tingkat Universitas dan satu minggu sekali di tingkat Pascasarjana; dan ketiga, menyelenggarakan kegiatan Baitul Arqam yang diselenggarakan secara reguler oleh unit LPIK UMS.

Dengan keikutsertaannya diharapkan mampu meningkatkan kompetensi diri dan kinerja pelayanannya kepada civitas akademika. Untuk menunjang pekerjaannya, tenaga kependidikan diberi fasilitas yang memadai, diantaranya fasilitas komputer yang dapat mengakses jaringan internet, telepon dan lain-lain.

Prosedur selengkapnya berkaitan dengan peningkatan kualifikasi dan kompetensi tenaga kependidikan telah dijelaskan dalam SOP yang dimuat dalam buku panduan mutu tentang training karyawan dan evaluasinya. Dalam pelaksanaannya penyelenggaraan dilakukan melalui  kerjasama antar unit di UMS yaitu, antara Prodi Maksi UMS dengan BP-SDM UMS.