Visi Program Studi

Menjadi Program Studi Magister Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta (Maksi-UMS) sebagai pusat unggulan berstandar internasional dalam bidang pendidikan, penelitian, dan penerapan pengetahuan ilmu akuntansi yang memberikan arah perubahan berlandaskan nilai-nilai keislaman yang akan dicapai pada tahun 2030.

Berikut disampaikan periode visi Prodi Maksi UMS sampai pada tahun 2030:

Periode 2015–2018

Merupakan fase pengembangan. Pada periode ini Prodi Maksi UMS mengembangkan konsentrasi baru yaitu keuangan dan perbankan yang sebelumnya hanya ada dua konsentrasi yaitu akuntansi keuangan dan bisnis syariah serta konsentrasi akuntansi sektor publik. Prodi Maksi UMS merintis penguatan reputasi dibidang penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan hibah-hibah ditingkat nasional untuk pengembangan institusi serta menambah sarana prasaran baru yang menopang kegiatan Prodi Maksi UMS. Pengiriman SDM untuk studi lanjut mulai dilakukan untuk penguatan mutu dosen dan lulusan Prodi Maksi UMS.

Periode 2019–2022

Merupakan tahap penguatan lembaga dan modernisasi. Pada periode ini Prodi Maksi UMS melakukan penguatan lembaga diawali dengan penguatan Sumber Daya Manusia (SDM), melalui peningkatan intensitas pengiriman studi lanjut baik dalam negeri maupun studi lanjut ke luar negeri, penguatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat melalui hibah internal dan eksternal, internasionalisasi melalui peningkatan kerjasama internasional, penyelenggaraan forum internasional, pengembangan kelas internasional dan double degree. Penguatan lembaga juga dilakukan melalui penguatan manajemen modern dan pengembangan sistem penjaminan mutu, serta modernisasi manajemen dengan memanfaatkan teknologi informasi baik untuk penerimaan mahasiswa, pengelolaan data base mahasiswa dan pengelolaan keuangan.

Periode 2023-2026

Merupakan fase Penguatan Reputasi Nasional dan Internasional, setelah pengembangan SDM pada periode sebelumnya, pada periode ini diharapkan dengan manajemen Prodi Maksi UMS dapat meningkatkan reputasi secara nasional maupun internasional, baik dari karya ilmiah yang telah dihasilkan maupun lulusan yang diakui oleh masyarakat nasional maupun internasional.

Periode 2027-2030

Tahun ini merupakan fase motor perubahan di bidang ilmu akuntansi dan teknlogi informasi yang menjadi rujukan/trend setter perkembangan modernisasi di Indonesia.

 Misi Program Studi

Memajukan kehidupan masyarakat dan bangsa dengan cara:

  1. Menyelenggarakan pendidikan program studi magister akuntansi yang berkualitas dengan menerapkan prinsip tata kelola yang baik.
  2. Melaksanakan penelitian, dan pengembangan ilmu pengetahuan untuk memajukan ilmu dan praktek akuntansi sesuai dengan arah perubahan.
  3. Melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan di bidang akuntansi.
  4. Mengintegrasikan nilai-nilai keislaman ke dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang bermanfaat bagi stakeholder.

Tujuan Program Studi

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki wawasan dan bekal ilmu akuntansi yang cukup dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan lebih lanjut serta untuk memperoleh derajat lebih tinggi dalam profesinya.
  2. Mampu mengembangkan keahlian dan kemampuan dalam bidang ilmu Akuntansi dengan cara melakukan penelitian, dan pengembangan untuk meningkatkan kualitas pelayanan profesi akuntan serta mampu menjadi pemimpin pada jenjang yang sesuai.
  3. Mampu mengembangkan kemampuan dan keahlian untuk mengenali, mengamati masalah-masalah dalam bidang ilmu Akuntansi, serta melakukan pendekatan dan penalaran ilmiah untuk memecahkan masalah-masalah yang dihadapi.
  4. Mampu memberikan kemanfaatan yang besar kepada masyarakat, dunia bisnis, dan sektor publik dalam mengaplikasikan bidang ilmu akuntansi dengan cara melakukan pengabdian kepada masyarakat.

Karakteristik Keluaran

Berdasarkan tujuan yang diungkapkan di atas, maka dapat dijelaskan bahwa Magister Akuntansi didirikan untuk menghasilkan tiga macam keluaran yaitu,sumber daya manusia (SDM), pengembangan ilmu akuntansi, dan kemanfaatan masyarakat.

Keluaran Pertama.

SDM yang akan dihasilkan oleh Program Studi Magister Akuntansi (Prodi Maksi) adalah mengembangkan keahlian dan kemampuan SDM yang memiliki wawasan dan bekal ilmu akuntansi yang cukup dengan cara mengenali, mengamati masalah-masalah dalam bidang ilmu Akuntansi, serta melakukan pendekatan dan penalaran ilmiah untuk memecahkan masalah-masalah yang dihadapi sesuai dengan arah perubahan.

Keluaran Kedua.

Pengembangan ilmu akuntansi yang akan dihasilkan oleh Prodi Maksi adalah dengan cara melakukan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan lebih lanjut serta untuk memperoleh derajat yang lebih tinggi dalam profesi akuntansi.

Keluaran Ketiga.

Kemanfaatan masyarakat yang akan dihasilkan oleh Prodi Maksi ditunjukkan dengan cara mampu meningkatkan daya guna dan nilai tambah  yang besar kepada masyarakat, dunia bisnis, dan sektor publik dalam mengaplikasikan bidang ilmu akuntansi melalui pengabdian kepada masyarakat.

Dalam rangka perwujudan strategi pencapaian visi, misi, tujuan, dan sasaran maka diejawantahkan dalam perencanaan kerja dan anggaran tingkat program studi yang menghasilkan program kerja tahunan dan ditindak lanjuti menjadi program dan kegiatan tahunan tingkat program studi.