Umpan balik

Apakah program studi telah melakukan kajian tentang proses pembelajaran melalui umpan balik dari dosen, mahasiswa,alumni, dan pengguna lulusan mengenai harapan dan persepsi mereka?  Jika Ya, jelaskan isi umpan balik dan tindak lanjutnya.

Kajian tentang pelaksanaan proses pembelajaran di Prodi Maksi UMS telah dilaksanakan berdasarkan survei umpan balik dari 3 (tiga) sumber, yaitu dosen, mahasiswa, dan pengguna lulusan. Cara untuk mendapatkan umpan balik tersebut dilakukan melalui:

  1. Umpan balik dari dosen

Umpan balik diperoleh melalui rapat dosen untuk mendapatkan masukan secara lisan proses belajar mengajar (PBM) pada saat awal perkuliahan, sesudah Ujian Tengah Semester (UTS), dan sesudah Ujian Akhir Semester (UAS). Selain itu, dosen mengisi kuesioner untuk memberi masukan tertulis mengenai pelaksanaan PBM.

  1. Umpan balik dari mahasiswa

Pengisian kuesioner setiap akhir semester oleh mahasiswa dimaksudkan untuk memberi penilaian kinerja dosen sebagai pengampu mata kuliah, dan memberi respon pelaksanaan PBM, serta menyampaikan masukan konstruktif sesuai pandangan masing-masing mahasiswa. Adapun pengisian kuisioner ini dapat dilakukan oleh mahasiswa secara on-line melalui website https://akademik.ums.ac.id/pbm/.

  1. Umpan balik dari pengguna lulusan

Penyebaran angket untuk alumni dilakukan secara berkala dua tahun sekali, dan setiap ada kesempatan pertemuan alumni. Namun, karena alumni baru satu orang, maka penyebaran angket akan dilakukan satu atau dua tahun lagi.

  1. Umpan balik dari pengguna lulusan

Umpan balik dari pengguna lulusan diperoleh dengan membagikan kuesioner yang pengisiannya dapat dilakukan melaui komunikasi telepon atau email.

Umpan Balik

Isi Umpan Balik

Tindak Lanjut

(1)

(2)

(3)

Dosen
  1. Meningkatkan dan mempertahankan kualitas input mahasiswa.
  2. Pengembangan laboratorium yang berbasis riset dan jaringan internet yang memadai.
  3. Peninjauan kembali kurikulum.
  4. Pengembangan riset bagi dosen dan mahasiswa.
  5. Adanya update silabi.
  6. Kerjasama dengan Prodi S1 Akuntansi dalam kegiatan seminar, workshop, dan penelitian.

  1. Seleksi penerimaan mahasiswa baru diutamakan dari Program S1 yang linier, tes TPA, dan wawancara.
  2. Menyediakan sarana dan prasarana yang mendukung KBM dan riset.
  3. Mengkaji kembali kurikulum setiap 3 tahun.
  4. Merumuskan tema-tema riset yang update yang dapat dimanfaatkan para stakeholder.
  5. Sebelum perkuliahan/ semester baru dimulai, dosen mempersiapkan silabi, RMP, handout yang telah diupdate.
  6. Melakukan kerjasama dalam kegiatan seminar, workshop, dan penelitian
Mahasiswa
  1. Kekurangan modul perkuliahan.
  2. Metode penyampaian materi kurang terperinci, dan kekurangan waktu untuk perkuliahan.
  3. Perlu penambahan referensi perpustakaan.
  4. Perlu penambahan bahan materi perkuliahan.
  5. Mahasiswa mendapat kesempatan berkonsultasi akademis di luar kelas.
  6. Penyampaikan perkuliahan dengan strategi/ metode yang monoton dan suasana perkuliahan kurang menarik.
  7. Dosen kurang membantu mahasiswa dalam memperoleh informasi tentang referensi/ rujukan.
  8. Materi kuliah tidak dapat terserap secara keseluruhan karena kekurangan waktu.
  9. Mahasiswa mengharapakan ada ujian susulan bagi yang berhalangan hadir.
  10. Penambahan dosen yang kompeten dibidangnya.
  11. Penjadwalan perkuliahan lebih jelas dan tepat.
  12. Menambah software terbaru untuk mendukung perkuliahan

 

  1. Memberikan bahan perkuliahan berbentuk softcopy dan atau hardcopy, power point, hand out bahan ajar lain, dan wajib memberitahu referensi yang digunakan yang lebih update.
  2. Penyampaian materi disesuaikan dengan silabidan RPS yang telah direncanakan.
  3. Buku teks ditambah lewat perpustakaan baik dalam bentuk fisik/ elektronik.
  4. Dosen membuat kumpulan bahan ajar dan buku ajar.
  5. Dosen memberikan waktu kepada mahasiswa untuk berkonsultasi kapanpun dan dimanapun.
  6. Penyampaian materi dengan jelas, teknik pengajaran yang tepat, dan menggunakan media elektronik yang telah disediakan, terutama LCD dan internet.
  7. Menyediakan bahan perkuliahan berbentuk softcopy dan atau hardcopy, power point, hand out bahan ajar lain, dan wajib memberitahu referensi yang digunakan.
  8. Materi yang disampaikan sesuai silabi dan RPS.
  9. Sesuai buku pedoman akademik, hanya yang berhalangan karena sakit yang diijinkan mengikuti ujian susulan.
  10. Mempersiapkan dosen yang kompeten dan berpendidikan S3.
  11. Akan menerapkan jadwal online.
  12. Dosen diharapkan mengupdate software materi ajar yang update
Alumni
  1. Penambahan dosen yang kompeten dibidangnya.
  2. Keringanan biaya kuliah bagi keluarga alumni.
  3. Pelibatan alumni dalam mencari mahasiswa baru.
  4. Pelibatan alumni dalam proyek-proyek dosen.
  5. Kuliah recharging bagi para alumni

 

  1. Mengadakan temu alumni, seminar dan workshop. Namun temu alumni akan dilakukan satu atau dua tahun lagi, karena jumlah alumni baru ada satu orang.
  2. Keringanan biaya kuliah bagi keluarga alumni diusulkan kepada pihak universitas.
  3. Komunikasi dengan para alumni melalui leaflet/ brosur dan sosialisasi.
  4. Konsolidasi alumni sesuai dengan bidang berja dengan proyek penelitian
Pengguna lulusan
  1. Mahasiswa bekerja sangat mandiri dalam mengelola pekerjaan yang menjadi tugas dan tanggungjawabnya.
  2. Mahasiswa banyak memberikan kontribusi terhadap perbaikan sistem organisasi.
  3. Kerjasama dalam tim sangat bagus khususnya dalam menyelesai problem organisasi.
  4. Kemampuan berbahasa Inggris rata-rata cukup

 

  1. Meningkatkan motivasi mahasiswa melalui pemberian  tugas tugas mandiri yang lebih sering.
  2. Meningkatkan metode student center learning dalam proses pembelajaran agar lebih meningkatkan penalaran logika.
  3. Diperbanyak memberikan tugas kelompok agar dapat melatih kerjasama yang lebih solid.
  4. Mengikutkan mahasiswa Tes TOEP di LC.