Penggunaan pendekatan dan pemikiran baru dalam penelitian dosen dan mahasiswa

Model pendekatan dan pemikiran yang digunakan untuk mengembangkan kegiatan penelitian dosen dan mahasiswa di Prodi Magister Akuntansi SPs UMS, didasarkan pada metode research kualitatif and research kuantitatif serta penggabungan keduanya yang berbasis pada pendekatan multi paradigma.

Melalui pendekatan dan pemikiran tersebut di atas, maka fokus kajian keilmuan dan penelitian ditujukan pada upaya untuk mengembangkan dan meningkatkan profesionalisme.

Adapun pendekatan dan pemikiran dalam penelitian yang dilakukan Prodi Magister Akuntansi SPs UMS, yaitu; Pertama,  penelitian mengacu pada hasil penelitian terdahulu yang telah diterbitkan dalam jurnal internasional 5 tahun terakhir (minimal 5 artikel dengan tema baru sejenis dan artikel jurnal dalam  negeri). Kedua, penelitian dapat menggunakan pendekatan triangulasi yang dinilai lebih tepat dan komperhensif menjawab permasalahan penelitian. Ketiga, penggunaan konsep dan teori sebagai perspektif teoritis yang mempertimbangakan perkembangan pemikiran baru. Keempat, pendekatan penelitian yang digunakan tidak hanya pendekatan kualitatif, dan kuantitatif tetapi juga pendekatan multi paradigma. Kelima, penelitian dosen dan mahasiswa dilakukan dalam bentuk tim, yang anggotanya terdiri dari multidisiplin ilmu, sehingga pembahasan teoritisnya lebih komperhensif, bebas dari berbagai dimensi.

Dengan demikian, penggunaan pendekatan dan pemikiran di atas dapat menghasilkan  terobosan baru dalam ilmu akuntansi, teknologi, ilmu sosial dan budaya; meningkatkan kemampuan dan mutu pendidikan Prodi Magister Akuntansi; meningkatkan mutu penelitian di Prodi Magister Akuntansi; dan meningkatkan jumlah publikasi ilmiah baik di tingkat nasional maupun internasional.