Struktur  kurikulum  (perkuliahan,  tugas-tugas  khusus,  penelitian  tesis,  penulisan  hasil  penelitian  tesis)  serta keterkaitan di antaranya, serta lengkapi tabel di bawah ini.

Penyelenggaraan pendidikan Prodi Maksi UMS dilaksanakan dengan Sistem Kredit Semester (SKS) dengan ketentuan berdasarkan Pedoman Umum dan Akademik Sekolah Pascasarjana UMS. Beban studi dalam kurikulum Prodi Maksi SPs UMS 42 SKS. Materi pembelajarannya dikelompokkan dalam mata kuliah wajib dan mata kuliah pilihan. Mata kuliah wajib berisi materi pembelajaran dasar yang dilaksanakan pada semester I, sedangkan semester II berisi mata kuliah pilihan, sehingga mata kuliah semester I dan II merupakan mata kuliah penunjang dalam penulisan tesis pada semester III. Melalui pendekatan ini, integrasi materi pembelajaran antar dan multidisiplin ilmu dapat dicapai, sehingga lulusan diharapkan mempunyai kompentensi dan relevansi  dengan kepentingan masyarakat dan bisnis lokal, nasional, dan internasional.

Kegiatan perkuliahan  di dalam kelas ditempuh dalam waktu 2 semester dengan beban 36 SKS dan penelitian (tesis) dilakukan dalam waktu 1 semester pada semester 3 dengan beban 6 SKS, setelah mahasiswa melakukan seminar usul penelitian. Dengan demikian mahasiswa diharapkan dapat menyelesaikan studinya pada program studi ini selama 3 sampai dengan 4 semester. Bagi calon mahasiswa yang berasal bukan dari sarjana jurusan akuntansi untuk meningkatkan pemahamannya diharuskan mengikuti matrikulasi atau pembekalan.

Selain itu struktur kurikulum prodi Maksi UMS, sesuai dengan peraturan pemerintah yaitu Permenrsitekdikti nomor 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi menggantikan Permendikbud nomor 49 Tahun 2014, Keputusan Mendiknas nomor 045/U/2002 tentang Kurikulum Inti Pendidikan Tinggi, dan Kepmendiknas No. 232/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa.

Adapun tampilan kurikulum Program Studi Magister Akuntansi dapat dilihat pada website http://mak.ums.ac.id/kurikulum-kkni/

Struktur kurikulum berdasarkan urutan mata kuliah (MK) semester demi semester, dengan mengikuti format tabel berikut:   

Smt Kode MK Nama Mata Kuliah(1) Bobot SKS SKS MK dalam Kurikulum Kelengkapan(3) Unit/ Jur/ Fak Penyeleng-gara
Inti(2) Insti-tusional Deskripsi Silabus SAP/ RMP
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9) (10)
I 10103 Etika Bisnis dan Profesi 3   Prodi Maksi
  10203 Teori Akuntansi 3   Prodi Maksi
  10303 Tata Kelola Organisasi 3   Prodi Maksi
  10402 Filsafat  Ilmu 2   Prodi Maksi
  10501 AIK 1   PTM, SPs, Maksi
  20403 Manajemen Keuangan dan Resiko 3   Prodi Maksi
  20103 Audit Kecurangan 3   Prodi Maksi
                   
II 20203 Metode Penelitian 3   Prodi Maksi
  20303 Sistem Teknologi Informasi Akuntansi 3   Prodi Maksi
  20503 Akuntansi Kontemporer 3   Prodi Maksi
    Mata Kuliah Konsentrasi I 3   Prodi Maksi
    Mata Kuliah Konsentrasi II 3   Prodi Maksi
    Mata Kuliah Konsentrasi III 3   Prodi Maksi
                   
III 40406 Tesis 6   Prodi Maksi
                   
Total SKS 42      
  • Tuliskan mata kuliah pilihan sebagai mata kuliah pilihan I, mata kuliah pilihan II, dst. (nama-nama mata kuliah pilihan yang dilaksanakan dicantumkan dalam tabel 5.1.2.2)
  • Menurut rujukan peer group/Kepmendiknas 045/U/2002 (ps. 3 ayat 2e)
  • Beri tanda √ pada mata kuliah yang dilengkapi dengan deskripsi, silabus, dan atau SAP. Sediakan dokumen pada saat asesmen lapangan.

Struktur kurikulum berdasarkan urutan mata kuliah (MK) semester demi semester, dengan mengikuti format tabel berikut:   

Smt Kode MK Nama Mata Kuliah(1) Bobot SKS SKS MK dalam Kurikulum Kelengkapan(3) Unit/ Jur/ Fak Penyeleng-gara
Inti(2) Insti-tusional Deskripsi Silabus SAP/ RMP
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9) (10)
I 10103 Etika Bisnis dan Profesi 3   Prodi Maksi
  10203 Teori Akuntansi 3   Prodi Maksi
  10303 Tata Kelola Organisasi 3   Prodi Maksi
  10402 Filsafat  Ilmu 2   Prodi Maksi
  10501 AIK 1   PTM, SPs, Maksi
  20403 Manajemen Keuangan dan Resiko 3   Prodi Maksi
  20103 Audit Kecurangan 3   Prodi Maksi
                   
II 20203 Metode Penelitian 3   Prodi Maksi
  20303 Sistem Teknologi Informasi Akuntansi 3   Prodi Maksi
  20503 Akuntansi Kontemporer 3   Prodi Maksi
    Mata Kuliah Konsentrasi I 3   Prodi Maksi
    Mata Kuliah Konsentrasi II 3   Prodi Maksi
    Mata Kuliah Konsentrasi III 3   Prodi Maksi
                   
III 40406 Tesis 6   Prodi Maksi
                   
Total SKS 42      
  • Tuliskan mata kuliah pilihan sebagai mata kuliah pilihan I, mata kuliah pilihan II, dst. (nama-nama mata kuliah pilihan yang dilaksanakan dicantumkan dalam tabel 5.1.2.2)
  • Menurut rujukan peer group/Kepmendiknas 045/U/2002 (ps. 3 ayat 2e)
  • Beri tanda √ pada mata kuliah yang dilengkapi dengan deskripsi, silabus, dan atau SAP. Sediakan dokumen pada saat asesmen lapangan.

Mata kuliah pilihan yang dilaksanakan dalam tiga tahun terakhir, pada tabel berikut:

Semester Kode MK Nama MK (pilihan) Bobot SKS Unit/ Jur/ Fak Pengelola
(1) (2) (3) (4) (6)
II   Mata kuliah Konsentrasi Akuntansi keuangan dan Bisnis Syariah    
  30203 Teori Investasi dan Pasar Modal Syariah 3 Prodi Maksi
  30103 Pelaporan Keuangan Perusahaan 3 Prodi Maksi
  30303 Teori Organisasi dan Akuntansi Keperilakuan 3 Prodi Maksi
    Mata kuliah Konsentrasi Akuntansi Sektor Publik    
  30503 Manajemen Keuangan Sektor Publik 3 Prodi Maksi
  30603 Sistem Akuntansi Sektor Publik 3 Prodi Maksi
  30703 Pengauditan Sektor Publik 3 Prodi Maksi
    Mata kuliah Konsentrasi Keuangan dan Perbankan    
  30103 Pelaporan Keuangan Perusahaan 3 Prodi Maksi
  30203 Teori Investasi dan Pasar Modal Syariah 3 Prodi Maksi
  30405 Akuntansi Perbankan 3 Prodi Maksi
         
Total SKS 21  

Mekanisme peninjauan kurikulum dan pihak-pihak yang dilibatkan dalam proses peninjauan tersebut.  

Kurikulum Program Studi disusun untuk mencapai visi dan misi yang digariskan. Adapun visinya yaitu sebagai pusat unggulan berstandar internasional dalam bidang pendidikan, penelitian, dan penerapan pengetahuan ilmu akuntansi yang memberikan arah perubahan berlandaskan nilai-nilai keislaman yang akan dicapai pada tahun 2030. Karena ada perubahan visi dan misi di tahun 2015 maka dilakukan peninjauan kembali.  Peninjauan kembali kurikulum sudah disahkan oleh Rektor dengan Nomor 141/II/2016

Peninjauan kembali kurikulum, selain hal di atas juga untuk membawa kurikulum Prodi Maksi UMS pada pencerahan intelektual yang dapat memberikan arah perubahan, meliputi kemampuan mahasiswa untuk menghargai (1) disiplin ilmu lain di luar akuntansi, (2) berbagai paradigma disiplin ilmu akuntansi dan ilmu konteks kekinian dan kedisinian disiplin akuntansi. Tidak hanya aspek intelektual, program studi juga memandang penting aspek mental dan spiritual. Oleh karena itu tampak bahwa kurikulum ditinjau dan diubah untuk menunjang visi dan misi tersebut. Selain untuk menunjang misi dan visi, kurikulum juga direvisi berdasarkan masukan khususnya masukan dari mahasiswa, alumni, dan pengguna.

Kurikulum yang  berlaku saat ini adalah kurikulum yang disusun pada tahun 2016. Peninjauan kurikulum dilakukan secara berkala sesuai dengan SOP yang ada di buku panduan mutu Prosedur Peninjauan Kurikulum. Kurikulum 2016 disusun untuk memperbaiki kurikulum pada saat pengajuan ijin pendirian Program Studi Maksi dan perkuliahan semester awal. Adapun alasan lainnya pada peninjauan kurikulum dan prosedur peninjauan kurikulum ada di bawah ini:

Alasan utama dilakukan peninjauan kurikulum adalah :

  1. Berdasarkan hasil umpan balik dari 4 komponen, yaitu masukan dosen, mahasiswa, alumni, dan pengguna.
  2. Berdasarkan perkembangan kekuatan potensi dosen.
  3. Berdasarkan perkembangan iptek baik di lingkungan lokal, nasional, maupun internasional.
  4. Berdasarkan kebutuhan masyarakat, yaitu adanya perubahan penggunaan teknologi dalam bidang perancangan, pelaksanaan, pemeliharaan, dan pengelolaan aset infrastruktur.

Pihak-pihak yang diundang dalam proses peninjauan kurikulum:

  1. Para dosen dan karyawan di lingkungan Prodi Maksi , Sekolah Pascasarjana, dan unit-unit terkait.
  2. Pejabat struktural yang meliputi: unit laboratorium, pusat komputer, perpustakaan, program studi, pimpinan fakultas, unit-unit/ lembaga di tingkat universitas, serta pimpinan di tingkat universitas.
  3. Pakar dari pihak praktisi (instansi pemerintah dan swasta yang terkait, kontraktor, dan konsultan), akademisi, dan pakar di bidang pengembangan kurikulum.
  4. Perwakilan dari mahasiswa, alumni, dan pengguna, termasuk di dalamnya para pemerhati dari masyarakat dan dari komponen asosiasi profesi.

Prosedur baku peninjauan kurikulum di Universitas Muhammadiyah Surakarta telah dituangkan dalam SOP. SOP pengembangan kurikulum diatur dalam Dokumen Panduan Mutu UMS No PPK-UMS/01 tertanggal 18 Oktober 2010, dan SOP Peninjauan Kurikulum diatur dalam Dokumen Panduan Mutu Sekolah Pascasarjana UMS nomor PM/MH/019-UMS, dengan mekanisme sebagai berikut:

  1. Prodi melakukan peninjauan terhadap kurikulum yang ada dengan cara membentuk tim pengembangan kurikulum.
  2. Tim pengembangan kurikulum mengadakan lokakarya penyusunan/ pengembangan kurikulum dengan mengundang pihak-pihak yang berkompeten antara lain stakeholders, alumni, organisasi profesi terkait, dan pakar kurikulum.
  3. Tim pengembangan kurikulum mengidentifikasi mata kuliah-mata kuliah yang tetap digunakan, ditiadakan, diganti baik itu nama mata kuliah atau isinya.
  4. Tim kurikulum menyusun draft kurikulum.
  5. Tim reviewer mereview draft kurikulum.
  6. Tim kurikulum memperbaiki draf kurikulum akhir.
  7. Rektor mengesahkan kurikulum.

Prosedur peninjauan kurikulum yang dilaksanakan Prodi Maksi UMS

Prosedur pelaksanaan peninjauan kurikulum Prodi Maksi UMS secara prinsip mengikuti SOP pengembangan kurikulum diatur dalam Dokumen Panduan Mutu UMS No PPK-UMS/01 tertanggal 18 Oktober 2010, dan SOP Peninjauan Kurikulum diatur dalam Dokumen Panduan Mutu Sekolah Pascasarjana UMS nomor PM/MH/019-UMS yaitu dengan melakukan penguatan peninjauan berdasarkan Buku Panduan Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi Pendidikan Tinggi yang diterbitkan oleh Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendiknas tahun 2008, Buku Kurikulum Pendidikan Tinggi yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2014, dan Buku Panduan Praktis Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi tahun 2016. Prosedur selengkapnya adalah sebagai berikut:

  1. Prodi membentuk Tim peninjau kurikulum yang terdiri atas 6 orang.
  2. Tim peninjau kurikulum menyelenggarakan lokakarya pengembangan kurikulum dengan mengundang dosen, mahasiswa, alumni, pengguna, dan organisasi profesi (IAI) untuk mendapatkan masukan serta evaluasi terhadap kurikulum lama.
  3. Tim peninjau kurikulum juga mengadakan lokakarya pengembangan kurikulum dengan mengundang pakar kurikulum untuk mendapatkan pencerahan metode pengembangan kurikulum berbasis kompetensi, serta mengundang pakar bidang Teknik Sipil untuk mendapatkan masukan berkaitan dengan pengembangan iptek terkini dan prospek ke depan.
  4. Tim peninjau kurikulum secara intensif melakukan analisis perumusan profil lulusan, kompetensi lulusan (kompetensi utama, pendukung, dan lainnya), bidang kajian hingga distribusi mata kuliah. Hasil analisis tersebut secara simultan dan berkelanjutan dikonsulta-sikan kepada pakar kurikulum maupun pakar bidang teknik sipil, serta dikomunikasikan dengan dewan dosen.
  5. Tim peninjau kurikulum melaksanakan workshop untuk mengembangkan struktur mata kuliah wajib dan pilihan serta merumuskan silabusnya.
  6. Setelah melalui beberapa kali telaah dan peninjauan kembali, hasil struktur kurikulum (lengkap dengan mata kuliah dan silabus) tersebut dimintakan pengesahannya kepada Rektor.
  7. Tim peninjau kurikulum kemudian mendistribusikan kepada dosen bidang mata kuliah terkait untuk menyusun Rencana Mutu Pembelajaran (RMP) dan bahan ajar.
  8. Pada saat borang ini ditulis, kurikulum PS-Maksi ini disesuaikan dengan standar Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)

 Hasil peninjauan kurikulum mengikuti format tabel berikut.

No. No. MK Nama MK MK

Baru/

Lama/ Hapus

Perubahan pada Alasan Peninjauan Atas Usulan/ Masukan  dari Berlaku Mulai Sem./ Th.
Silabus/SAP Buku Ajar
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9)
1 10402 Filsafat Ilmu Manajemen Perpajakan Menyesuaikan visi & misi prodi Pakar Sem. Genap 2014 – 2015
2 10501 AIK Manajemen Perpajakan Menyesuaikan visi & misi prodi Pakar PTM Sem. Genap 2014 – 2015
3 20403 Manajemen Keuangan dan Resiko Manajemen Resiko Benchmarking dari instirusi lain Rapat Dosen Sem. Genap 2015 – 2016
4 20503 Akuntansi Kontemporer Seminar Akuntansi Menyesuaikan perkembangan IPTEK dan kebutuhan masyarakat Rapat Dosen Sem. Genap 2015 – 2016
5 30203 Teori Investasi dan Pasal Modal Syariah Teori dan Akuntansi Syariah Menyesuaikan perkembangan IPTEK dan kebutuhan masyarakat Rapat Dosen Sem. Genap 2015 – 2016
6 30303 Teori Organisasi dan Akuntansi Keperilakuan Analisis Laporan Keuangan Benchmarking dari instirusi lain Rapat Dosen Sem. Genap 2015 – 2016
7 30405 Akuntansi Perbankan Mata Kuliah Baru Benchmarking dari instirusi lain Rapat Dosen Sem. Genap 2015 – 2016