Persyaratan perkuliahan dan ujian mata kuliah yang isinya berupa perkembangan ilmu mutakhir dalam bidangnya dan penjelasan tentang pelaksanaan dan kendala yang dihadapi.

Pendidikan Prodi Maksi UMS dapat diikuti oleh lulusan S1 bidang Akuntansi, dan lulusan S1 non Akuntansi dengan IPK minimal 2,75.  Bagi lulusan S1 non Akuntansi diwajibkan mengikuti kuliah Pra S2 Magister Akuntansi (matrikulasi).

Proses pelaksanaan perkuliahan di dalam kelas dilakukan dalam dua semester dan dilanjutkan dengan penulisan tesis pada semester 3 (tiga). Pada awal semester 2 (dua) mahasiswa dapat memulai dalam penyusunan proposal tesis bersamaan dengan mengambil  matakuliah pilihan bebas dan metodologi penelitian (pembimbingan pra-tesis).

Pada proses perkuliahan, mahasiswa diperbolehkan mengikuti  perkuliahan  dan kegiatan akademik lainnya, setelah mahasiswa melakukan registrasi/her-regristrasi dan konsultasi. Setelah melakukan registrasi/ herregristarsi, mahasiswa mendapatkan jadwal perkuliahan pada semester yang bersangkutan.

Perkuliahan dosen akan dimonitor secara administratif oleh Sekolah Pascasarjana. Mahasiswa wajib mengikuti perkuliahan dosen serendah-rendahnya 75% dari kegiatan dosen. Kehadiran mahasiswa dapat dimonitor dari presensi kehadiran. Dalam perkuliahan ada penugasan me-review jurnal internasional terbaru sesuai dengan topik yang menjadi kajian mata-kuliah yang diikuti. Dengan cara ini, materi perkuliahan dan ujian mata kuliah dapat senantiasa mengikuti perkembangan ilmu yang mutakhir. Ujian mata kuliah diselenggarakan dua kali pada satu semester yaitu UTS (Ujian Tengah Semester) dan UAS (Ujian Akhir Semester), dapat berbentuk ujian tertulis dan atau tugas (takehome) untuk menguji kemampuan penalaran dan daya analisis mahasiswa terhadap fenomena-fenomena akuntansi yang ter-upadate.

Kendala yang dihadapi pada saat perkuliahan adalah terlambatnya ilmu baru di bidang akuntansi yang terupdate dalam buku text akuntansi. Berbeda dengan jurnal, dalam jurnal ilmu baru dalam bidang akuntansi lebih terupdate, mengikuti perkembangan ilmu yang berkaitan dengan akuntansi.