Peraturan tentang kewajiban penyajian hasil penelitian tesis dalam seminar (internasional, nasional, wilayah, lokal PT) serta pelaksanaan dan kendala yang dihadapi.

Berdasarkan Pedoman Penulisan Tesis Sekolah Pascasarjana UMS Tahun 2016, Mahasiswa Magister Akuntansi UMS wajib membuat hasil penelitian berupa tesis dan naskah publikasi. Hasil penelitian tesis berupa naskah publikasi yang telah dinyatakan layak dapat diusulkan oleh Kaprodi dan pembimbing untuk diseminarkan dikalangan internal  Prodi Maksi-UMS, yang dihadiri oleh kalangan dosen, dan peserta program studi di Sekolah Pascasarjana UMS

Hasil penelitian tesis dapat diseminarkan pada level lokal, yaitu berupa Seminar Student Collocium (SC); atau pada level nasional, yaitu misal seminar nasional (SanCall FEB) yang dilaksanakan di UMS atau di luar (SNA dilaksanakan oleh IAI kompartemen pendidik); atau pada level internasional, yaitu misal seminar internasional yang diadakan di UMS atau di luar (MIICEMA);

Disamping itu melalui kerjasama dengan MUP (Biro Penerbitan UMS) untuk memfasilitasi dalam penerbitan dan menseminarkan pada level nasional dan internasional, sehingga kemanfaatan hasil penelitian dapat dirasakan oleh masyarakat secara luas.

Penyusunan naskah publikasi tidak ada kendala bagi mahasiswa. Namun kendala yang dihadapi saat penyajian hasil penelitian dalam seminar meliputi:

  1. Belum banyaknya seminar internasinal di Indonesia, sementara jika di luar negeri biaya masih cukup mahal.
  2. Seminar nasional sudah cukup banyak di selenggarakan, namun terkedala pada waktu pelaksanaan bagi mahasiswa yang menginginkan lulus tepat waktu.