Ketersediaan dan kelengkapan jenis prasarana (laboratorium, ruang kerja mahasiswa, ruang seminar, perpustakaan, common room, prasarana olah raga dan seni, ibadah dll.), sarana (koleksi jurnal ilmiah dan buku, akses internet, fasilitas komputer, fasilitas lab., sarana olah raga dan seni dll.) dan dana yang memungkinkan terciptanya interaksi akademik antara civitas akademika

Keindahan dan keasrian lingkungan kampus merupakan salah satu komponen yang dapat meningkatkan suasana akademik. Untuk itu peningkatan sarana dan prasarana akan meningkatkan interaksi akademik, termasuk didalamnya adalah meningkatkan interaksi  dosen dan mahasiswa secara lebih kondusif. Selain itu, untuk menunjang susana akademik disediakan fasilitas ruang kuliah, ruang diskusi, ruang kerja dosen yang nyaman (ber AC) dan bersih, peralatan seperti LCD, perpustakaan pusat dan pascasarjana, laboratorium komputer dan LAN, internet, dan kantin.

Ruang kuliah ditata sedemikian rupa, dengan kapasitas 30 mahasiswa per kelas,  penerangan yang cukup, sirkulasi udara yang baik, suasana nyaman, sehingga iklim pembelajaran menjadi kondusif. Ruang dosen, ruang perpustakaan, dan ruang  perkuliahan dilengkapi dengan AC dan LCD permanen, satuan pengaman keliling secara periodik, petugas pelayanan dan pemantauan perkuliahan selalu siap, alat pemadam kebakaran tersedia yang memberikan rasa aman dan aman bagi dosen dan mahasiswa.

Para civitas akademika dapat mengakses e-library, database jurnal elektronik ProQuest yang dilanggani Perpustakaan UMS. Di samping itu dengan memanfaatkan sistem online, database jurnal EBSCO dan Gale Cengage yang dilanggan oleh Ditjen Dikti Depdiknas juga dapat diakses secara langsung oleh para dosen dan mahasiswa. Jurnal elektronik yang disediakan oleh perpustakaan UMS tersebut dapat diakses melalui situs http://library.ums.ac.id/jurnal+online.

Selain fasilitas perpustakaan dan jurnal on-line ada juga beberapa fasilitas pendukung antara lain:

a.       Pusat Pelayanan Kesehatan (Muhammadiyah Medical Center)

Fasilitas pelayanan kesehatan UMS selain melayani seluruh civitas akademika juga melayani masyarakat umum. Oleh karena itu Pusat Pelayanan Kesehatan UMS secara bertahap melengkapi peralatannya untuk dapat melayani kliennya dengan lebih baik. Jasa pelayanan diusahakan dengan biaya yang seringan mungkin tanpa mengurangi profesionalisme dan kualitas layanan.

b.      Toko Buku dan Komputer

Toko buku menyediakan buku-buku ilmiah baik ilmi eksata, ilmu sosial, ilmu bahasa dan lainnya yang diterbitkan oleh penerbit eksternal maupun internal. Selain itu toko buku tersebut juga menjual komputer dan peralatan kantor lainnya.

c.       Fasilitas Olah Raga, Seni, dan Tempat Santai

Ada banyak fasilitas olah raga yang dapat diakses, seperti beladiri, lapangan basket, lapangan tennis, lapangan badminton, gedung olah raga, panjat tebing, tempat memancing, dan sepak bola. Sementara itu fasilitas seni ada panggung teater, studio band, tempat pemutaran film.

Untuk bersantai, di depan SPs-UMS dilengkapai dengan taman-taman kampus yang cukup nyaman untuk belajar dan bersantai, selain itu ada danau yang biasa digunakan untuk bersantai dan memancing.

d.      Pusat Anjungan Tunai Mandiri

UMS menyediakkan beberapa tempat utnuk bertransaksi perbankan melalui ATM. Mahasiswa dapat menjumpai ATM di kedua tempat baik di Kampus I maupun Kampus II. ATM tersebut disediakan oleh Bank Jateng, Bank BNI, Bank BRI, dan Bank BUKOPIN.

e.       Kantor Pos

Civitas Akademika UMS dapat menggunakan fasilitas Kantor POS yang disediakan oleh Pemerintah Indonesia. Kantor POS yang berada di lokasi Kampus I tersebut dapat melayani hampir semua layanan yang biasa terdapat di Kantor Pos Besar.

f.       Bank

Ada lima Bank yang dapat melayani transaksi keuangan di sekitas Kampus UMS. Kelima Bank tersebut adalah Bank Jateng, Bank Jateng Syariah, Bank BUKOPIN, Bank Syariah Mandiri, dan Bank BNI. Secara resmi untuk mahasiswa SPs-UMS melakukan pembayaran SPP ataupun transaksi lain yang berhubungan dengan biaya pendidikan melalui Bank Jateng.

g.      Masjid

Ada dua buah masjid, masing-masing berada di kampus I dan Kampus II yang dapat dimanfaatkan oleh segenap civitas akademika untuk menunaikan ibadah sholat maupun kegiatan kerohanian.

h.      Pesantren Internasional KH. Mas Mansur (Pesma & Rusunawa) 

Pesantren Internasional KH. Mas Mansur (Pesma) adalah selain merupakan pesantren internasional, juga merupakan tempat untuk bermukin mahasiswa yang berasal dari luar kota dan luar negeri. Di Pesantren Internasional KH. Mas Mansur (Pesma) juga memberikan bimbingan tentang Etika, Agama, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, dan lain lain.

i.        Pondok Sobron

Pondok Sobron merupakan pondok yang dikhususkan bagi mahasiswa UMS untuk mendalami agama Islam dan Kemuhammadiyahan.