Interaksi akademik berupa program dan kegiatan di dalam dan di luar proses pembelajaran, yang dilaksanakan baik di dalam maupun di luar kelas untuk menciptakan suasana akademik yang kondusif (misalnya seminar, simposium, lokakarya, bedah buku, penelitian bersama, pengenalan kehidupan kampus, dan temu dosen-mahasiswa-alumni).

Interaksi akademik antara mahasiswa dan dosen MAKSI UMS untuk menciptakan suasana akademik yang kondusif berupa program atau kegiatan di dalam atau di luar kelas. Adapun  program atau kegiatan di dalam kelas diantaranya; seminar proposal penelitian, seminar hasil penelitian (sekaligus ujian tesis), lokakarya kurikulum KKNI, lokakarya pengembangan web untuk pembelajaran dan bedah buku atau temu ilmiah.

Sedangkan program atau kegiatan di luar kelas diantaranya; melibatkan dosen dan mahasiswa untuk mengikuti seminar nasional dan internasional yang diselenggarakan oleh Asosiasi Program Pascasarjana Perguruan Tinggi Muhammadiyah (APPPTM) tingkat Jawa Tengah ataupun Nasional, pengenalan kehidupan kampus melalui orientasi mahasiswa baru, kegiatan, interdiciplinary sharing, penelitian bersama berupa hibah pasca dikti, sancall (dilaksanakan oleh FEB UMS) dan temu dosen mahasiswa alumni untuk menjaga suasana keilmuan alumni, serta menjaga hubungan alumni dengan almamaternya.

Interaksi akademik antara mahasiswa dan dosen MAKSI UMS untuk menciptakan suasana akademik yang kondusif lainnya melalui komunikasi lisan dan tertulis via email, jejaring sosial (wattsapp, facebook, dll) dan via wesite Maksi UMS baik antar mahasiswa maupun mahasiswa dengan dosen untuk mengembangkan wawasan  ilmu pengetahuan telah dilakukan. Melalui kegiatan ini mahasiswa bisa mengemukakan argumentasi ilmiah dan mengharagai pendapat orang lain. Hal tersebut juga menunjukkan hubungan antar civitas akademika yang sangat kondusif bagi tumbuhnya kerjasama dan percaya diri.