Sasaran dan Strategi Pencapaian
Sasaran dan strategi penting dalam rangka pencapaian visi dan misi Prodi Maksi adalah melalui kegiatan pembelajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Ketiga kegiatan utama tersebut dilaksanakan secara intensif, terpadu, dan berkelanjutan.
Sasaran pengembangan Prodi Maksi UMS meliputi bidang-bidang:
- Kualitas lulusan
No Sasaran Strategi Indikator 1 Input mahasiswa yang berkualitas Kualitas rekrutmen mahasiswa baru ditingkatkan calon mahasiswa 70 % memperoleh nilai TPA diatas 425 2 Tersedianya silabi dan rancangan mutu perkuliahan (RMP) Kemampuan dosen dalam menyusun silabi dan RMP ditingkatkan Tersedia silabi dan RMP untuk semua mata kuliah. 3 Tersedianya buku ajar dan handout untuk mendukung pembelajaran yang efektif dan efisien Kemampuan dosen dalam menulis buku ajar dan handout ditingkatkan Tersedia handout materi ajar 100% dan buku ajar mencapai 30% 4 Tersedianya media elektronik dalam mendukung pembelajaran Kemampuan dosen dalam menyiapkan media pembelajaran elektronik ditingkatkan Penggunaan media elektronik oleh dosen dalam pembelajaran 5 Tersedianya fasilitas teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk perkuliahan Sarana pembelajaran, khususnya berbasis TIK ditingkatkan, untuk mendukung terlaksanannya pembelajaran yang berkualitas. Tersedianya LCD proyektor dan koneksi internet dalam ruang kuliah 6 Terlaksananya journal based teaching and research Jumlah journal dan prosiding ditingkatkan Jumlah journal terakreditasi untuk mendukung terlaksananya research and journal based teaching 7 Tersedianya hotspot area di lingkungan Prodi Maksi UMS Kapasitas bandwith dan distribusinya ditingkatkan. Cakupan hotspotarea menjangkau semua lingkungan Maksi-UMS dan perpustakaan dengan kecepatan akses yang baik. 8 Menghasilkan lulusan yang profesional, dan berkompeten dalam bidangnya berstandar nasional, regional, dan/ atau internasional. Kualifikasi dan kompetensi akademik dosen ditingkatkan Presentase dosen bersertifikasi (serdos) Dosen yang mengajar berijazah S3 kemampuan dosen dalam mengelola pembelajaran yang berkualitas ditingkatkan. Kemampuan dosen mengimplementasikan metode pembelajaran yang berkualitas (kepuasan mahasiswa). 9 Menghasilkan lulusan yang mampu mengimplementasi-kan, mentransformasikan, mengembangkan keilmuan dan keahliannya dalam masyarakat/dunia kerja. Kurikulum setiap 2 (dua) tahun di-review agar relevan dengan kebutuhan dunia kerja untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi lulusan. Kurikulum yang selalu uptodate (program maupun konten). Merevitalisasi kegiatan alumni dan menyelenggarakan survey pelacakan lulusan Frekuensi kegiatan alumni dalam satu tahun 10 Menghasilkan lulusan yang mampu menyampaikan gagasan/ide dengan sistemik, baik secara lisan maupun tulisan. Diadakannya proses pembelajaran interaktif yang dapat mendorong mahasiswa untuk menyampaikan gagasan atau ide secara sistemik, baik lisan maupun tertulis. Kegiatan presentasi dalam pembelajaran, forum ilmiah, dan karya ilmiah mahasiswa 11 kualitas tesis mahasiswa meningkat Membentuk tradisi riset yang kreatif, inovatif, dan kolaboratif Kelengkapan pedoman penjaminan mutu dan sistem monev penulisan tesis Jumlah kolaborasi riset antara mahasiswa dan dosen tiap tahun Presentase mahasiswa (per angkatan) yang mampu menyelesaikan tesis kurang dari 12 bulan. 12 Kualitas akademik lulusan meningkat Membentuk tradisi pembelajaran yang inovatif, serta sistem penilaian yang komprehensif. Presentase lulusan (per angkatan) dengan IPK diatas 3,51 Presentase lulusan (per angkatan) dengan lama studi kurang dari 2 tahun. - Iklim akademik dan riset
No Sasaran Strategi Indikator 1 Iklim akademik yang kondusif untuk berbagai kegiatan akademik, seperti seminar, diskusi, dan riset terbentuk Forum-forum ilmiah di Prodi Maksi UMS dilembagakan. Meningkatnya frekuensi kegiatan ilmiah di Prodi Maksi UMS. Kemampuan dosen dan mahasiswa untuk melakukan kajian-kajian keilmuan ditingkatkan Meningkatnya jumlah karya ilmiah di Prodi Maksi UMS yang siap dipresentasikan pada forum ilmiah Dosen dan mahasiswa didorong untuk mempresentasikan gagasannya pada forum-forum ilmiah Jumlah dosen dan mahasiswa sebagai penyaji pada forum ilmiah meningkat 2 Menghasilkan riset yang berkualitas Berkoordinasi dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat mengagendakan riset Prodi yang aktual dan strategis Tersusunnya tema-tema riset Prodi yang berkualitas dan aktual. Dosen dan/ atau mahasiswa terfasilitasi membentuk kelompok studi/ riset Terbentuknya kelompok studi / riset. Meraih berbagai skema riset unggulan yang ditawarkan penyandang dana Jumlah riset yang disetujui penyandang dana meningkat Keterlibatan mahasiswa dalam riset yang dilaksanakan dosen ditingkatkan Jumlah mahasiswa yang melaksanakan riset bersama dosen meningkat 3 Menghasilkan naskah publikasi dari hasil riset Kemampuan dosen untuk menulis buku dari hasil riset ditingkatkan Jumlah buku yang ditulis dosen meningkat Kemampuan dosen dan/atau mahasiswa untuk menulis makalah dari hasil riset ditingkatkan Jumlah makalah yang siap di publikasikan di jurnal dan/ atau dipresentasikan di seminar meningkat 4 Memperoleh Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) atau Paten dari hasil riset Hasil-hasil riset dosen terfasilitasi untuk diajukan mendapatkan HAKI atau Paten Adanya karya ilmiah yang siap didaftarkan HAKI atau Paten 5 Riset dan produk turunannya terpublikasi, melalui media cetak dan elektronik Kemampuan dosen dan mahasiswa ditingkatkan untuk melakukan publikasi melalui media elektronik hasil riset dan produk turunannya. Jumlah publikasi hasil riset dan produk turunannya di web meningkat Advokasi dan promosi ditingkatkan terhadap produk ilmiah yang dihasilkan dosen dan/atau mahasiswa Adanya produk ilmiah yang menjadi rujukan di tingkat nasional dan internasional. Media publikasi hasil riset dan produk ilmiah lainnya terfasilitasi Tersedianya jurnal ilmiah untuk bidang Akuntansi Media publikasi hasil riset dan produk ilmiah lainnya terfasilitasi. Tersedianya web (PPs-UMS, Maksi-UMS atau personal web) untuk mempublikasikan produk-produk keilmuan. 6 Gagasan ilmu pengetahuan dan hasil riset untuk kepentingan masyarakat terimplementasi Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ditingkatkan Jumlah kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat meningkat. - Pengembangan SDM
No Sasaran Strategi Indikator 1 Pedoman tertulis tentang sistem rekrutmen, pembinaan, dan pengembangan, dosen dan karyawan tersedia Membuat pedoman tertulis tentang sistem rekrutmen, penempatan, pembinaan, pengembangan, dan pemberhentian dosen dan karyawan. Kelengkapan Pedoman tertulis tentang sistem rekrutmen, pembinaan, dan pengembangan, dosen dan karyawan 2 Sistem monev dosen dan karyawan tersedia Sistem monev dosen dan karyawan disusun Kelengkapan sistem monev dosen dan karyawan termasuk sistem rekam jejak kinerja dosen dan karyawan 3 Terdapat dosen tetap yang berkompeten Kualifikasi dosen tetap yang bidang keahliannya sesuai kompetensi Prodi ditingkatkan Jumlah dosen tetap berkualifikasi guru besar 4 Tenaga ahli/ pakar dari luar PT (tidak termasuk dosen tidak tetap) sebagai pembicara tamu tersedia Tenaga ahli/ pakar dari luar PT (tidak termasuk dosen tidak tetap) sebagai pembicara tamu ditingkatkan Jumlah tenaga ahli/pakar dari luar PT (tidak termasuk dosen tidak tetap) sebagai pembicara tamu 5 Terwujudnya upaya peningkatan kinerja dosen tetap Mengirim dosen untuk tugas belajar Jumlah penugasan dosen studi lanjut S3 Mengirim dosen sebagai pemakalah/ pembicara dalam forum ilmiah Jumlah dosen sebagai pemakalah/ pembicara pada forum ilmiah Dosen terfasilitasi menjadi anggota asosiasi profesi tingkat nasional/ internasional Jumlah dosen aktif menjadi anggota asosiasi profesi Penugasan dosen untuk menjadi pakar/staf ahli/konsultan/nara sumber Jumlah dosen yang menjadi pakar/staf ahli/konsultan/nara sumber Dosen terfasilitasi untuk meraih pendanaan program/ hibah/ kegiatan akademik dari institusi nasional, regional, atau internasional Jumlah dana rata-rata yang diraih dosen (dalam jutaan rupiah) 6 Karyawan dengan kualifikasi yang memadai tersedia Kualifikasi dan kompetensi karyawanmeningkat Jumlah karyawan yang mengikuti tugas belajar/ pelatihan/ workshop - Pengembangan prodi dan tata kelolanya
No Sasaran Strategi Indikator 1 Terjaminnya keberlanjutan Prodi Kelengkapan pedoman tertulis sistem PMB Tersedianya pedoman PMB Program promo kepada calon mahasiswa Jumlah animo pendaftar calon mahasiswa Jumlah mahasiswa ditingkatkan Peningkatan attractiveness Prodi Mutu manajemen pelayanan mahasiswa ditingkatkan Nilai rata-rata key performance indicator (KPI) pelayanan mahasiswa Perolehan dana hibah kompetitif ditingkatkan Jumlah dana hibah kompetitif. 2 Sistem pengelolaan fungsional terlaksana dan efektif dalam operasional Program Studi Semakin efektif pengelolaan prodi berdasarkan 7 aspek pengelolaan fungsional dan operasional mencakup: a. perencanaan,
b. pengorganisasian,
c. pengembangan staf,
d. pengawasan,
e. pengarahan,
f. representasi, dan
g. penganggaran dapat terlaksana secara sangat efektif.
Implementasi 7 aspek pengelolaan Program Studi 3 Sistem pembelajaran melalui kajian hasil penjaringan umpan balik terlaksana Menjalankan program umpan balik dari 4 sumber yaitu dari mahasiswa, alumni,dosen, dan pengguna Frekuensi pelaksanaan program umpan balik Update sistem pembelajaran berdasarkan program tindak lanjut hasil penjaringan umpan balik 4 Penambahan bidang minat/ konsentrasi/ mata kuliah baru Peningkatan jumlah bidang minat/ konsentrasi/ mata kuliah baru. Jumlah mata kuliah dan konsentrasi yang ditambahkan. 5 Penambahan kelas khusus untuk kalangan profesional Peningkatan jumlah kelas khusus untuk kalangan profesional Jumlah kelas khusus untuk kalangan profesional 6 Penambahan kelas internasional Peningkatan jumlah kelas internasional jumlah kelas internasional 7 Terimplementasikannya sistem penjaminan mutu yang efektif Penyusunan standar penjaminan mutu Buku dan standart SOP penjaminan mutu Moneting penjaminan mutu 1 tahun sekali
Audit penjaminan mutu 1 tahun sekali
Pengendalian dan monitoring penjaminan mutu Audit internal mutu dan monitoring mutu 8 Prodi Maksi UMS terakreditasi dengan peringkat “A” Memonitor dan memenuhi kebutuhan akreditasi Prodi Maksi UMS Diperolehnya akreditasi dengan peringkat “A” 9 Terciptanya sistem pendayagunaan karyawan yang mendukung pengembangan akademik Merumuskan dan mengembangkan pola pendayagunaan karyawan Pedoman pola pengelolaan / pendayagunaan karyawan 10 Terciptanya sistem administrasi yang efisien dan efektif Pemantapan sistem pelayanan administrasi berbasis TIK dan, pengelolaan yang mudah, cepat, akurat, terintegrasi, responsibel, dan akuntabel Sistem informasi akademik yang mudah, cepat, akurat, dan terintegrasi 11 Mewujudkan sistem akuntansi keuangan yang responsibel, akuntabel, dan transparan Pemantapan pengelolaan keuangan yang efektif, efisien, responsibel, akuntabel, dan transparan. Buku pedoman standar pengelolaan keuangan 12 Dana untuk penyelenggaraan, pengembangan, dan keberlanjutan program tersedia Upaya penggalian dana melalui mahasiswa dan berbagai funding. Meningkat Dana pendukung penyelenggaraan program 13 Mewujudkan pengelolaan sarana dan prasarana yang efisien dan efektif Menyusun sistem penganggaran, pemeliharaan dan pemanfaatan sarana dan prasarana Sistem informasi, pengelolaan sarana dan prasarana 14 Mewujudkan digital library untuk mendukung research and journal based teaching. Membangun dan mengoptimalkan digital library untuk kepentingan riset dan pembelajaran Digital library dengan konten yang uptodate dan mudah diakses civitas akademika 15 Perangkat teknologi informasi dan komunikasi untuk mendukung tugas-tugas pembelajaran, riset, dan administrasi Memelihara dan mengembangkan perangkat teknologi informasi dan komunikasi pendukung tugas-tugas pembelajaran, riset, dan administrasi Perangkat TIK memenuhi standar kecukupan, kebaruan, dan mudah diakses 16 Mewujudkan lingkungan fisik kampus yang bersih, sehat, nyaman dan aman untuk melaksanakan aktivitas akademik Mengembangkan dan menata lingkungan kampus yang bersih, sehat, rapi, indah, nyaman, aman, ramah, dan mudah diakses, dengan mengakomodasi kebutuhan stakeholder Lingkungan kampus yang bersih, sehat, rapi, indah, nyaman, aman, ramah dan mudah diakses 17 Terwujudnya jurnal terakreditasi Prodi Magister Akuntansi Melengkapi, mengembangkan dan memenuhi kebutuhan akreditasi jurnal Prodi Magister Akuntansi Pembuatan dan pengembangan jurnal terakrditasi 18 Terimplementasikan rencana pengembangan program studi Tahun 2014-2018 melalui rencana implementasi 2015/ 2016 Merencanakan dan mengimplementasikan pengembangan program studi Tahun 2015/ 2016 Rencana pengembangan program studi Tahun 2014-2018 beserta Rencana Implementasi 2015/ 2016 - Kerjasama